Rabu, 07 September 2016

Ingin Smartphone Kamu Batreinya Awet, Baca Ini

Pernahkah anda mengeluh dengan kinerja baterai smartphone anda ?. Hal ini adalah hal yang pernah saya alami ketika membeli smartphone pertama kali kepada teman saya 2013 silam. Ketika itu masih teringat benar smartphone yang pertama kali saya beli adalah LG optimus L7 dual core. Saya begitu gembira memiliki ponsel pintar tersebut, karena fiturnya komplit, suara serta kameranya juga bagus.


Selain itu ponsel LG optimus L7 dual core, mempunyai design bodi yang cukup keren, sehingga tetap karismatik. LG optimus L7 dual core ini juga dilengkapi dengan kamera depan yang sangat mendukung bagi saya untuk selalu narsis. Hal tersebutlah yang membuat saya tertarik dengan semarfone LG optimus L7 dual core ini.

Meski fitur LG optimus L7 dual core ini begitu lengkap, namun ada yang saya kecewakan dari ponsel pintar ini. Ponsel pintar ini konsumsi baterainya sangat boros, biasanya dalam sekali cas hanya berlaku 3 jam saja. Inilah yang membuat saya resah, pasalnya baru kali ini saya mempunyai ponsel dengan baterai seboros ini.

1) Cara agar baterai android awet
2) Cara merawat batre hp android
3) Mengatasi baterai drop android
4) Cara mengatasi baterai ngedrop
5) Cara merawat baterai hp android
6) Cara mengatasi batre drop android
7) Cara menghemat baterai smartphone
8) Cara mengatasi baterai ngedrop pada android

Usut demi usut baterai yang boros memang merupakan identitas rata-rata smartphone. Karena smarfone adalah ponsel pintar yang memiliki banyak fitur, sehingga porsi bahan bakar nya pun berbeda dengan ponsel biasa. Namun pemakaian baterai juga bisa diminimalisir apabila mengetahui caranya. Berikut langkah-langkah menghemat baterai pada smartphone...!

A. Matikan data seluler bila sudah tidak dipakai
Langkah awal untuk bisa meminimalisir pemakaian baterai adalah dengan mematikan data seluler apabila sudah tidak digunakan. Inilah yang terkadang kita semua lupakan, ponsel yang tidak digunakan dengan keadaan data yang masih hidup akan tetap mempengaruhi pemakaian baterai secara berlebihan.

Hal inilah yang perlu dihindari, ada baiknya anda selalu mengecek dahulu sebelum ponsel di tinggal pergi atau mau ditinggal tidur, pastikan terlebih dahulu bila data seluler sudah dalam keadaan mati. Karena meski layar dalam keadaan mati namun data dalam keadaan hidup, ponsel akan terus mengkonsumsi baterai dengan cepat.

Selain membuat konsumsi baterai begitu boros, data dalam keadaan hidup juga membuat kuota anda akan cepat habis. Terlebih semartfone yang dilengkapi dengan sistem download otomatis. Penggunaan smartphone yang baik adalah mematikan data apabila data sudah tidak dipakai lagi, yang mengefisienkan pemakaian kuota dan baterai.

Untuk mematikan data seluler, pada umumnya sudah ada di menu bagian atas, apabila layar diseret ke bawah. Menu data mempunyai icon, tanda panah yang saling berlawanan, ke atas dan ke bawah.

Biasanya data yang dalam keadaan hidup akan bisa terlihat dari warnanya. Bila tanpa warna maka data dalam keadaan mati, namun bila menu data tersebut dalam keadaan hidup maka menu tersebut mempunyai warna.

B. Atur brightness (tingkat kecerahan layar ponsel)
Ponsel smartphone memang dilengkapi dengan sistem pengatur kecerahan layar, yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Pada ruangan yang gelap tingkat kecerahan layar tidak perlu terlalu tinggi. Sebaliknya kecerahan layar pada tingkatan tinggi hanya dipergunakan diluar ruangan, yang tujuanya agar cahaya yang dikeluarkan layar tidak kalah dengan cahaya matahari. 

Tingkat kecerahan pada layar juga mempengaruhi pemakaian bartei. Untuk kecerahan yang minim maka semakin kecil konsumsi baterai, dan semakin tinggi tingkat kecerahannya maka akan besar pula konsumsinya. Solusi pemakaian baterai yang boros tentu berasal dari terlalu cerahnya brigtness.

Untuk meminimalisir pemakaian baterai di dalam ruangan namun tetap enak dipandang mata adalah pada tingkatan 30%. Pada tingkat kecerahan layar 30%, pemakaian baterai lebih efisien dan tidak terlalu gelap tentunya.

Namun tingkat kecerahan 30% tidak mampu diterapkan dibawah sinar matahari yang terik. Untuk itu apabila hendak menggunakan ponsel dibawah matahari yang terik maka tingkat kecerahannya harus ditambah menjadi 100%.

Tingkat kecerahan memang sangat mempengaruhi jumlah konsumsi baterai. Untuk itu sebagai pengguna smartphone yang bijak anda harus pandai menepatkan waktu dan tempat mengatur tingkat kecerahan pada layar, sehingga pemakaian baterai bisa diminimalisir.

C. Matikan wifi bila sudah tidak dipakai
Wifi juga sangat efektif untuk meningkatkan penggunaan baterai, dan inilah yang harus dihindari bila memang ponsel sudah dalam keadaan tidak dipakai. Jangan lupa mematikan koneksi wifinya agar efesiensi penggunaan baterai dapat dijalankan dengan baik. Mematikan koneksi wifi setelah pemakaian internet langkah nyata yang bisa menanggulangi pemborosan baterai.

Wifi yang aktif  biasanya akan membuat baterai tidak akan bertahan lama setelah pengecasan yaitu sekitar 1-3 jam. Lama tahan baterai ponsel tersebut dipengaruhi oleh penggunaan itu sendiri. Bila sekedar mengakses data biasanya lebih kecil konsumsi baterai, namun bila penggunaan untuk menonton video streming biasanya akan lebih cepat low.

Untuk itu bila sudah selesai mempergunakan jaringan wifi, maka matikan jaringan wifinya agar baterai tahan lama. Wifi bisa dihidupkan lagi apabila dibutuhkan, sehingga pemakaian baterai tidak mubadhir atau sia-sia. Hanya dengan cara inilah baterai bisa awet hingga berhari-hari.

D. Matikan bluetooth usai pemakaian
Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang bisa menimbulkan baterai cepat low, meskipun pada faktanya tingkat efisiensi pemborosan baterai masih jauh dibawah data yang dihidupkan. Namun meski demikian pemakaian bluetooth, harus cerdas agar pemakaian baterai tidak sia-sia.

Cara kerja bluetooth dalam memakan baterai bisa di deteksi dengan panas ponsel yang timbul selama bluetooth di hidupkan. Biasanya ponsel yang semula dingin akan langsung panas ketika buetooth dalam keadaan hidup. Panas ponsel memang menjadi pertanda adanya pemakaian baterai secara berlebih, bukan hanya karena bluetooth saja, namun aplikasi yang lain juga.

Dengan memakai bluetooth secara baik dan benar maka ponsel pintar anda bisa lebih lama anda mainkan. Anda pun tidak akan menyia-nyiakan penggunaan baterai, karena sudah mengikuti prosedur yang benar. Sehingga ponsel anda bisa anda gunakan dengan sangat maksimal tanpa harus melakukan pengecasan berulang-ulang.

Selain itu pemakaian baterai yang secara berlebihan berdampak besar bagi kerusakan baterai itu sendiri. Biasanya pada baterai-baterai yang kurang mempunyai kualitas yang bagus, mengecasnya secara berulang-ulang akan membuat baterai hamil (mengembung). Bila sudah begini maka baterai tentu saja tidak akan bisa dipakai dengan waktu yang lama.

Cara menghemat dari pada sebuah baterai memang sepele, namun terkadang masih banyak orang yang teledor, sehingga cara diatas belum dilaksanakan dengan baik. dalam menjalankan cara diatas memang harus disertai kedisiplinan, dari disiplin itulah akan timbul suatu kebiasaan. Kebiasaan inilah yang memang sulit didapatkan bila memang tidak diawali dengan rasa disiplin dari diri anda sendiri. 

Ingin Smartphone Kamu Batreinya Awet, Baca Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma
Ingat, kami tidak menjamin informasi yang ada dihalaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya!