Senin, 24 April 2017

Ingin Aman Browsing di Internet, Berikut Tips dan Cara Ampuhnya

Tips Cara Aman Browsing di Internet - Di era jaman sekarang browsing merupakan sebuah hobi yang sangat rutin dilakukan oleh masyarakat. Yang mana tujuan penggunaan internet ini juga sangat beragam. Ada yang hanya mencari informasi atau bermain media sosial.



Ada juga yang internetan untuk mencari tugas sekolah atau kuliah, dan masih banyak lagi yang bisa diselesaikan dengan browsing. Bahkan hobi browsing bagi sebagian orang juga bisa mendatangkan sebuah rejeki dan membuat orang menjadi kaya. 

Banyak situs yang bisa dimanfaatkan dari dunia internet untuk menghasilkan uang. Yang mana salah satu situs yang sangat buming adalah dengan berdagang atau jual beli sistem online. Begitu luar biasa memang hobi yang bisa dijadikan pekerjaan ini. 

Tetapi perlu kalian ketahui bahwa meski dengan berbrowsing bisa mendatangkan sebuah manfaat, anda juga harus tahu browsing juga bisa mendatangkan sebuah masalah. 

Masalah-masalah tersebut tentulah dibuat oleh sebuah pihak yang kurang bertanggungjawab dan hanya ingin mendapatkan keuntungan dari internet saja.

Untuk itulah perlu kecermatan dalam menggunakan internet agar tidak menjadi bumerang yang akan merugikan anda. Anda juga perlu sebuah tips yang baik dan benar dalam browsing agar anda tidak merasa dirugikan ketika browsing. Berikut langsung saja kita simak informasi tentang tips aman dan nyaman dalam browsing.

1) Baca dulu baru klik
Tips aman dalam browsing yang pertama kali harus anda lakukan adalah membaca terlebih dahulu sebelum mengeklik. Itulah sebuah pentingnnya budaya membaca, bukan hanya pada kegiatan sekolah saja tetapi ketika anda mengakses internet.

Sebab tanpa membacannya anda tentulah tidak akan tahu anda sedang mengerjakan apa, berada di situs mana, dan mau ke situs apa. Jangan dibalik, untuk cepat biasanya banyak pengguna yang klik dulu baru membaca halaman yang tampil.

Hal yang bisa anda dapatkan ketika anda mengklik tanpa membacanya terlebih dahulu adalah virus, halaman yang tidak berguna, dll. Untuk itu mulailah teliti dengan apa yang hendak anda klik, dan jangan sembarangan mengeklik ketika mengakses internet.

2) Tinggalkan situs yang tidak berkualitas
Dalam mengakses internet tidak semua konten yang disediakan google adalah berkualitas. Ada juga sebuah konten yang ditawarkan dalam internet yang memang sangat jauh dari kata berkualitas dan bahkan informasi yang diberikan terkadang menyesatkan. Tetapi itu tidak semua demikian.

Ada juga situs pemberi sebuah konten terpercaya yang bisa anda dapatkan di internet. Untuk itu tinggalkanlah situs yang memang menyesatkan dan tidak berkualitas. Carannya dalah dengan melakukan perbandingan dengan informasi terkait ke lebih dari 2-5 situs yang ada di internet. 

Dengan demikian anda bisa menyimpulkan situs mana yang berkualitas dan situs mana yang tidak berkualitas. Artinya dalam mengakses internet anda juga dianjurkan untuk tidak percaya pada 1 situs saja sebelum anda membuka situs yang lain. 

Karena bisa jari situs yang menjadi rujukan anda menyesatkan. Untuk itu mulailah menjadi pengguna internet yang cerdas dengan membiasakan diri menyeleksi informasi yang di dapat dari internet.

3) Jangan download sembarangan
Hal yang tidak boleh anda lakukan dalam mengakses internet adalah mendownload sembarangan. Kenali dulu tombol download yang hendak anda klik baru anda bisa mengetahui apakah tombol download tersebut merupakan tujuan anda atau justru malah sebaliknya. 

Sehingga virus yang terkandung dalam tombol download yang belum pasti itu tidak masuk ke dalam PC/laptop anda.

4) Pasang antivirus dan firewall
Hal yang mesti dilakukan dalam PC/laptop anda ketika browsing adalah memastikan terlebih dahulu antivirus yang anda install bekerja dengan baik. 

Hal ini untuk mengantisipasi adanya sebuah virus yang hendak masuk ke dalam PC/laptop anda yang mungkin saja tidak anda duga dan tidak anda ketahui.

5) Perhatikan informasi yang anda bagikan
Hal yang tidak kalah penting dan harus anda perhatikan adalah memperhatikan informasi yang anda bagikan. Yang mana hal tersebut bisa anda lakukan dengan meneliti terlebih dahulu situs yang hendak membagikan informasi pribadi anda dengan sebuah jaminan keamanaan yang diberikan situs tersebut kepada anda.

Apabila situs yang anda pilih benar-benar menganggap informasi pribadi anda sebagai sebuah privacy dan tidak boleh disebarluaskan, maka anda tidak berada di situs yang salah. Situs yang demikianlah yang mestinya menjadi sebuah pilihan terutama bila ada sebuah kegiatan yang menyertakan sebuah informasi pribadi.

Demikian sebuah informasi tentang cara aman dalam mengakses internet. Mudah-mudahan bisa menjadi sebuah pembelajaran yang menarik untuk kita semua hingga kita menjadi orang yang lebih bijak dalam menggunakan sebuah fasilitas internet yang ada di era modern ini. Sehingga fasilitas tersebut bukan memberikan sebuah masalah kepada kita tetapi memberikan sebuah manfaat. 

Ingin Aman Browsing di Internet, Berikut Tips dan Cara Ampuhnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma
Ingat, kami tidak menjamin informasi yang ada dihalaman ini 100% akurat. Baca selengkapnya!